Minggu, 13 Maret 2011

=>Pilihan Makanan Buruk, Baik dan Terbaik

Pilihan MakananJika kita dihadapkan pada pilihan makanan, ada banyak sekali yang bisa kita pilih. Terkadang kita bingung apakah pilihan ini bagus atau tidak. Jika anda ragu, saatnya anda melihat artikel ini dan mengerti mana yang terbaik untuk anda. 

Tidak ada makanan yang bisa memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi kita, karena itu kita bagi pada tiga makronutrisi yang umum kita ketahui protein, karbohidrat dan lemak.


PROTEIN
Pilihan ProteinSumber nutrisi yang menjadi bahan pembentukan otot. Ada berbagai jenis makanan yang merupakan sumber protein dan bahkan setiap sumber bisa berbeda kualitasnya tergantung dari cara pengolahannya pula.
Buruk:  Anda perlu menghindari sumber protein yang tidak sehat terutama yang digoreng dengan banyak minyak dan tepung. Salah satunya adalah jenis ayam goreng dari restoran fast food. Ada sangat banyak lemak trans yang sangat tidak baik untuk tubuh dan ditambah dengan karbohidrat tinggi yang mengandung lemak. Selain itu daging sapi atau hewani lain yang disaji dengan penuh lemak baik yang berbentuk padat maupun dalam sop. Anda bisa mudah mengenali yang dalam bentuk sop ketika dingin. Biasanya pada permukaannya ada lemak-lemak yang membeku. Bayangkan jika lemak itu ada di pembuluh darah atau perut anda...
Baik: Berbagai jenis protein dari daging yang sudah bersih dari lemak secara visual (karena secara yang tidak terlihat mata, tetap masih ada lemak yang terkandung). Setidaknya dalam daging ini sudah banyak persentase lemak yang terbuang sehingga lebih aman bagi tubuh. Selain itu jenis tahu dan tempe goreng juga akan baik untuk anda jika minyak yang digunakan masih bersih dan dari zaitun.
Terbaik: Jenis tahu atau tempe yang direbus dan tidak diberi lemak atau minyak sedikitpun. Selain itu putih telur yang direbus bisa menjadi santapan protein terbaik untuk anda. Dada ayam dan ikan laut bisa membantu suplai protein jika disajikan bersih dari minyak juga.
KARBOHIDRAT
Pilihan KarbohidratJenis nutrisi yang dibutuhkan untuk menjadi sumber energi utama tubuh anda, baik otot maupun otak. Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk menghindari karbohidrat karena diet. Tetapi pemilihan karbohidrat yang benar perlu dilakukan dengan teliti karena penyajian yang keliru akan berakibat penumpukan lemak yang luar biasa.
Buruk:  Mohon maaf memberikan penilaian buruk pada kentang goreng. Mungkin ini favorit anda untuk dimakan di restoran fast food bersama dengan ayam goreng. Tetapi kombinasinya akan sangat mengerikan karena itu berarti penumpukan lemak yang disebabkan kombinasi karbohidrat dan lemak dalam jumlah tinggi ditambah lemak trans yang sangat buruk bagi tubuh. Donat dan berbagai camilan kripik juga sangat buruk karena merupakan karbohidrat yang digoreng. Satu lagi yang tidak disarankan adalah nasi goreng dan mi goreng. Makanan ini merupakan karbohidrat kelas kakap dan digoreng dengan lemak sehingga buruk bagi tubuh anda.
Baik: Sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh anda adalah nasi putih serta roti putih dalam jumlah sedikit (jika dalam jumlah banyak akan masuk kategori buruk). Kentang bisa menjadi alternatif sumber karbohidrat yang baik jika disajikan dalam bentuk rebus. Biasanya anda bisa memilih mashed potato saat order steak.
Terbaik: Pilihan yang terbaik adalah jenis roti gandum yang Whole Wheat, beras merah, sayuran dan oat. Karena itu anda bisa saja mengonsumsi karbohidrat berupa salad tapi sebaiknya tanpa dressing untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat anda yang bersih dan sehat.
LEMAK
Pilihan LemakMungkin anda sudah memiliki pandangan buruk akan lemak karena begitu banyaknya lemak yang tidak baik bertebaran dimakanan sekeliling. Tetapi lemak yang sehat bisa membantu anda mengatasi penumpukan lemak dan memberikan energi ekstra serta berguna untuk kesehatan tubuh.
Buruk: Tentu saja ini tidak mengejutkan, berbagai jenis gorengan, es krim, batangan coklat dan donat akan sangat buruk untuk kebutuhan lemak anda karena sekali makan biasanya melebihi kebutuhan harian anda.
Baik: Sumber lemak yang baik berasal dari ikan laut dan telur yang mengandung omega 3, alpukat, berbagai kacang-kacangan (sekali lagi, yang tidak digoreng).
Terbaik: Jenis yang ini biasanya tidak banyak diIndonesia seperti Flax Seed Oil atau CLA (Conjugated Linoeic Acid) yang terkandung pada daging sapi dimana CLA bisa membantu pembakaran lemak.

Tidak ada komentar: