Minggu, 13 Maret 2011

=>Kesalahan Konsep Akan Nutrisi

Nutrisi
Ada banyak kesalahan konsep akan nutrisi yang membuat seseorang menarik diri dari usaha untuk membentuk tubuhnya. Disini kita akan bahas satu per satu untuk tujuan yang berbeda-beda dari tiap orang, misalnya: menambah massa otot, menurunkan berat badan atau membentuk definisi otot.
1. Makan Protein saja untuk menambah massa otot
Memang benar protein sangat penting untuk menambah massa otot karena otot terbentuk dari rangkaian asam amino yang merupakan pecahan dari protein. Tetapi bukan hanya protein yang dibutuhkan, anda juga memerlukan nutrisi-nutrisi lainnya. Sebagai contoh, karbohidrat akan sangat anda butuhkan untuk menambahkan energi, dengan demikian kondisi tubuh anda akan terus anabolik dan bukan otot anda yang dimakan.
Selain itu protein sendiri ada banyak macamnya dan itu tidak selalu tersedia pada satu jenis makanan saja, misalnya dada ayam. Karena itu penting untuk bisa memvariasikan sumber protein anda. Misalnya, dada ayam, kacang merah, telur, daging.
Wait, tidak hanya itu saja yang diperlukan. Anda juga memerlukan nutrisi-nutrisi lain dalam jumlah kecil (tapi besar manfaatnya). Contohnya: vitamin C (wah yang ini pasti banyak yang tahu tapi sedikit yang memperhatikan) karena vitamin ini membantu meningkatkan metabolisme termasuk daya tahan. Jika dibahas satu per satu pasti panjang. Tapi tipsnya yang mudah adalah:
Variasikan menu makan anda setidaknya 2 hari sekali (terutama protein) dan konsumsi sayur-sayuran dan buah (yang juga sebaiknya dirotasi setidaknya 2 hari sekali).
2. Makan “Bersih” untuk mengurangi lemak
Apakah anda pernah membaca artikel mengenai pengurangan lemak atau dinasehati untuk mengurangi lemak dengan makanan yang bersih dari lemak (mungkin dari artikel-artikel di AkuBugar sendiri juga)? Yap, itu benar. Tapi sebaiknya kita sendiri juga memilah-milah. Apakah tujuan kita untuk mengikuti kontes binaraga/ body contest? Ataukah sebenarnya kita hanya ingin memiliki tubuh yang proporsional?
Semakin tinggi tujuan anda, semakin ketat diet anda. Tetapi jika tujuan anda standar, maka jangan menyiksa diri dengan makan sayur mentah saja sepanjang waktu (humm agak menyedihkan bukan?)
Sebenarnya yang penting dilakukan adalah makan makanan yang berkarbohidrat kompleks dan makanlah sering, sekitar 5-6 kali sehari tapi dengan porsi sedikit.
Cukup anda sensor beberapa jenis makanan saja yang lemaknya banyak atau merupakan kombinasi dari karbohidrat dan lemak.
Oya, contohnya nasi goreng, mie goreng atau nasi lemak. Ini jenis yang berbahaya. Lebih berbahaya daripada makanan bersantan karena karbohidrat meningkatkan jumlah insulin dan insulin ini sendiri merupakan kendaraan bagi lemak untuk disimpan ke tubuh anda.
3. Agar otot Six Pack muncul, jangan makan nasi
Hei, memang benar karbohidrat merupakan salah satu penyebab kegemukan. Tapi jangan menghentikan konsumsi nasi. Tanpa karbohidrat tubuh akan lemah dan metabolisme menurun dan ini akan mengarah pada pembakaran lemak yang lebih sedikit. Selain itu, karbohidrat merupakan sumber makanan utama bagi otak. Anda tidak ingin punya otot six pack tapi dengan otak lemot bukan?
Triknya, malah lebih kepada pemilihan makanannya. Pilih nasi merah dibandingkan nasi putih dan pilih roti whole wheat dibandingkan roti putih. Tapi mungkin beberapa dari anda tidak pada posisi yang bisa mendapatkan nasi merah dengan mudah. Bukan berarti anda tidak bisa mencapai otot six pack.
Mulai dengan mempersedikit porsi makan anda, tapi buat menjadi lebih sering.
Satu tips lagi, sebenarnya usaha untuk membuat six pack itu lebih besar dibandingkan yang ingin menurunkan kadar lemak saja.
Tambahannya adalah anda harus mengurangi konsumsi garam karena sebenarnya tubuh tidak butuh terlalu banyak garam (dan makanan jaman sekarang ini luar biasa jumlah garam yang dimasukkan, hanya demi rasa yang lebih enak).
Jika anda pernah ke supermarket atau hypermarket, mungkin bisa menemukan kecap manis rendah sodium (ini nama lain dari garam). Nah, jadi anda jangan mengira makanan yang manis itu tidak ada garamnya. Malah mungkin banyak, karena itu ada disediakan kecap manis rendah sodium.
Kebanyakan makanan diluar banyak garamnya, karena itu batasi makanan anda, jika bisa konsumsi yang makanan segar atau anda masak sendiri.

Add New Search

Tidak ada komentar: