Minggu, 13 Maret 2011

=>Kopi – Pro dan Kontra

Kopi Pro KontraAnda mungkin pernah mendengar bahwa kopi itu tidak baik karena bla…bla…bla. Atau juga kebaikan dari kopi. Memang bisa dikatakan cukup membingungkan karena sering ada pro dan kontra mengenai minuman ini. Kita akan coba membahas sedikit mengenai pro dan kontranya untuk bisa anda pahami apa yang sebenarnya mengenai kopi ini.
Pro 1 Antioksidan
Kopi kaya akan antioksidan seperti asam klorogenik dan melanoidin dimana ini berarti bisa membantu anda mencegah proses oksidasi. Yaitu kerusakan sel yang pada akhirnya berlanjut pada penuaan. Tentu saja kita perlu perhatikan bahwa konsumsi kopi setidaknya satu cangkir setiap hari bisa membantu mencegah penuaan.
Kontra 1 Osteoporosis
Konsumsi kopi dapat meningkatkan ekstra ekskresi kalsium pada saat anda buang air kecil. Konsumsi kopi dalam jumlah banyak (diatas 600 ml) dapat meningkatkan resiko osteoporosis, terutama pada wanita dengan konsumsi kalsium yang sedikit. Jika anda seorang yang menyukai kopi, maka hindari minum terlalu banyak kopi atau meminumnya bersamaan dengan suplemen kalsium.
Pro 2 Diabetes
Minum kopi mempunyai potensi untuk melindungi anda mengatasi diabetes tipe 2. Sebuah penelitian dari US Nurses Health Study menemukan bahwa konsumsi kopi baik yang mengandung kafein maupun yang dekafein bisa menurunkan resiko diabetes tipe 2 pada wanita muda. Yang perlu diperhatikan adalah konsumsi kopi tersebut pada tingkat moderat.
Kontra 2 Tekanan Darah
Kopi memang tidak memiliki pengaruh pada orang yang memiliki tekanan darah normal. Tetapi sebuah penelitian menemukan bahwa kopi memiliki sedikit pengaruh kenaikan pada orang-orang yang memiliki tekanan darah tinggi.
Pro 3 Peningkatan Energi dan Metabolisme
Anda bisa memperoleh peningkatan energi karena kafein yang terkandung didalamnya meningkatkan metabolisme dan itu berarti juga pembakaran lemak lebih tinggi.
Kontra 3 Insomnia
Beberapa orang mengalami insomnia ketika mengonsumsi kopi dalam jumlah banyak dan mengakibatkan tidur yang tidak lelap. Tetapi tidak semua orang memiliki pengaruh yang sama karena ada juga yang tetap bisa tidur lelap walaupun mengonsumsi kopi cukup banyak.

Tidak ada komentar: