Minggu, 13 Maret 2011

=>Lebih Jauh Tentang Suplemen

Lebih Jauh Tentang SuplemenSebenarnya suplemen sudah dikenal banyak orang. Hanya saja, banyak pertanyaan yang muncul seputar suplemen. Apa yang harus saya konsumsi? Merek mana yang bagus untuk saya gunakan (karena terlalu banyak macam yang ditawarkan)? Seberapa banyak harus saya konsumsi? Kapan saya harus minum? OK pertanyaan ini akan segera anda temukan jawabannya pada artikel ini.
Beberapa suplemen digunakan untuk semua kondisi orang. Tetapi ada juga yang hanya berlaku bagi spesifik orang kurus ingin menggemukkan atau orang gemuk yang ingin menguruskan.
Whey Protein
Ekstrak susu ini mengandung protein tingkat tinggi yang bisa membantu pembentukan otot.
Bentuk: Suplemen ini umumnya berbentuk susu
Waktu konsumsi:  bisa dikonsumsi kapan saja. Terutama saat yang paling bagus untuk mengonsumsinya adalah saat pagi hari dan sebelum serta sesudah latihan.
Jumlah takaran: 1 scoop (30-40 gr)
Baik untuk: yang ingin menaikkan berat badan atau membentuk otot.
Casein Protein
Ini bisa disebut saudara kembar whey protein tetapi dengan kegunaan berbeda. Jika whey protein cepat dicerna dan menghasilkan suplai protein jumlah besar dalam waktu singkat, maka casein lebih lambat dicerna dan menghasilkan suplai protein sedikit tetapi konstan dalam waktu lama. Karena itu kegunaan spesifiknya ini adalah saat malam hari ketika selama 8 jam anda tidur dan pasti tidak bangun untuk sekedar minum whey protein.
Bentuk: Sama dengan whey protein berbentuk susu.
Waktu konsumsi: bisa dikonsumsi kapan saja, tetapi terutama paling baik saat malam hari sebelum tidur
Jumlah takaran: 1 scoop (30-40 gr)
Baik untuk: yang ingin menaikkan berat badan atau membentuk otot
Amino
Lebih Jauh Tentang SuplemenIni adalah ekstrak lagi dari whey protein dan memiliki fungsi yang sama dengan whey dan casein. Ketiganya sama-sama mensuplai protein bagi otot. Tetapi letak perbedaan dari ketiganya adalah pada kecepatan serapnya. Amino tidak perlu diproses oleh tubuh tetapi bisa langsung diserap sehingga paling cepat diserap tubuh. Sedangkan whey protein termasuk yang cepat serap juga tetapi butuh waktu untuk proses dulu sehingga kecepatannya sedang. Casein protein adalah yang lambat penyerapannya. Karena itu kegunaan spesifik dari amino ini adalah saat latihan ketika tubuh membutuhkan amino dalam waktu singkat untuk segera mengisi kebutuhan protein bagi otot.
Bentuk: Umumnya tablet
Waktu konsumsi: bisa dikonsumsi kapan saja, tetapi yang terbaik adalah 30 setelah mulai latihan.
Baik untuk: yang ingin membentuk otot (termasuk yang ingin menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan)
Creatine
Biasanya digunakan satu paket dengan whey protein dengan tujuan membangun massa otot lebih besar. Kreatin menarik air untuk masuk dalam sel otot, tetapi bukan untuk membuatnya terlihat basah. Selain itu kreatin bisa mendaur ulang energi ATP dalam sel otot sehingga bisa menambahkan tenaga lebih.
Bentuk: bubuk/tablet/kapsul
Waktu konsumsi: berguna saat digunakan sebelum dan sesudah latihan.
Jumlah takaran: antara 5 gr – 10 gr
Baik untuk: yang ingin membentuk otot (termasuk yang ingin menaikkan berat badan atau menurunkan berat badan)
Weight Gainer
Merupakan perpaduan dari protein dan karbohidrat serta memberikan kalori tinggi yang sangat bagus untuk mereka yang kurus. Karbohidrat tingkat tinggi berlaku sebagai pencegah bisa membantu mereka yang kurus dan biasanya membakar banyak kalori agar tidak sampai membakar otot mereka. Dan protein berlaku sebagai pembangun untuk suplai penambahan otot.
Bentuk: umumnya berupa susu
Waktu konsumsi: bisa diminum kapan saja, terutama sebelum dan setelah latihan serta saat sebelum tidur.
Jumlah takaran: 2-4 scoop (100-200 gr)
Baik untuk: mereka yang ingin menambah berat badan
Fat Burner
Yang kali ini adalah bagi mereka yang gemuk. Pembakar lemak ini umumnya terdiri dari ekstrak biji guarana dan bitter orange yang mempunyai potensi membakar lemak dalam jumlah banyak. Tentunya lemak yang dibakar akan menjadi energi dan biasanya bisa anda gunakan energi itu untuk latihan lebih keras (sehingga lebih banyak lagi lemak yang terbakar) atau kalau tidak anda gunakan maka mungkin bisa menjadi energi panas ditubuh anda untuk dilepaskan ke udara. Satu hal yang perlu diingat, sama seperti semua hal itu baik dalam jumlah yang tepat dan tidak baik dalam jumlah berlebihan, maka fat burner ini juga baik dalam jumlah yang tepat. Tidak perlu terburu-buru, biarkan orang lain memuji anda berkali-kali karena penurunan berat secara bertahap.
Bentuk: umumnya berupa kapsul
Waktu konsumsi: saat sebelum makan pagi atau makan siang. Sebaiknya diminum paling lambat siang hari karena energi yang dihasilkan bisa membuat anda tidak tidur saat malam hari jika dikonsumsi sore atau malamnya.
Jumlah takaran: 1-2 kapsul (bisa berbeda sesuai masing-masing produk, perhatikan dosis pemakaiannya)
Baik untuk: yang ingin menurunkan berat badan
Fat Blocker
Jika fat burner berguna untuk membakar lemak yang sudah menumpuk ditubuh anda, maka fat blocker berguna untuk mencegah lemak diserap tubuh anda. Jika kita perhatikan, sekuat apapun kita berusaha mencegah tidak mengonsumsi lemak, tetapi masih sering secara terpaksa (karena makanan yang tersedia hanya itu) maka kita harus mengonsumsi makanan berlemak. Nah, saat inilah fat blocker sangat berguna.
Bentuk: umumnya berupa kapsul
Waktu konsumsi: 15-30 menit sebelum makan makanan berlemak
Jumlah takaran: 2 kapsul (bisa berbeda sesuai masing-masing produk, perhatikan dosis pemakaiannya)
Baik untuk: yang ingin menurunkan berat badan atau membentuk otot yang kering
Carbohydrate Blocker
Otot dan SuplemenLemak yang menumpuk pada tubuh biasanya merupakan kerja sama dari lemak dan karbohidrat yang masuk melalui makanan. Ketika karbohidrat masuk dan dicerna, maka akan diproduksi insulin. Insulin ini yang menjadi transportasi bagi lemak untuk dibawa ke seluruh tubuh. Karena itu carbohydrate blocker sangat bagus untuk mencegah terlalu banyaknya karbohidrat yang masuk dalam tubuh.
Bentuk: umumnya berupa kapsul
Waktu konsumsi: 15 menit sebelum makan
Jumlah takaran: 2 kapsul (bisa berbeda sesuai masing-masing produk, perhatikan dosis pemakaiannya)
Baik untuk: yang ingin menurunkan berat badan atau membentuk otot kering
L-Carnitine:
Jenis lipotropik yang diproduksi oleh tubuh. L-Carnitine merupakan hasil produksi dalam tubuh yang berfungsi untuk membawa lemak ke dalam mitokondria (dalam sel otot) untuk menjadi energi. Karena itu tambahan konsumsi l-carnitine akan memacu tubuh untuk membawa lebih banyak lemak ke otot sehingga terjadi pengurangan lemak dan penambahan energi.
Bentuk: umumnya berupa tablet atau cair
Waktu konsumsi: sebelum latihan
Jumlah takaran: 1-2 tablet
Baik untuk: yang ingin menurunkan berat badan atau membentuk otot kering

1 komentar:

Admin mengatakan...

makasih atas penjelasanya arko,tp dimana saya bisa mendapatkan susu whey protein? saya tinggal disebuah kota kecil diriau, apa di apotik bisa saya dapatkan?
mhn keteranganya lbh lanjut ya sob...
email sj ke achrielwandi@gmail.com
thanks ya sob!