Minggu, 13 Maret 2011

=>Muda, Aktif, Sehat, Energik, dan Seketika Meninggal

Muda EnergikMungkin anda sudah mengetahui kejadian baru-baru ini dimana seorang artis muda dan terkenal sekaligus aktif didunia politik secara tiba-tiba meninggal karena serangan jantung. Banyak orang yang terkejut karena beliau merupakan seorang yang diketahui memiliki gaya hidup sehat.
Ada banyak pertanyaan yang muncul mengenai penyebabnya, hanya disayangkan tidak ada informasi yang cukup jelas mengenai penyebab serangan jantung yang terjadi. Kelihatannya media di Indonesia cukup sibuk memberitakan mengenai drama kesedihan keluarga dibandingkan memberikan informasi mengenai penyebabnya kepada khalayak ramai agar banyak orang bisa mengantisipasi hal serupa.
Artikel ini akan mencoba mengangkat hal serupa yang pernah terjadi pada seorang CEO perusahaan multinasional termuda di dunia dimana beliau juga secara tiba-tiba mengalami serangan jantung.
Ranjan Das, seorang India yang menjadi CEO perusahaan software dunia, SAP, adalah seorang yang masih sangat muda mengingat karirnya yang sangat tinggi. Ranjan sendiri merupakan seorang yang sangat aktif berolahraga bahkan dia juga pelari marathon. Pada bulan Februari 2009 bahkan dia sudah berlari sejauh 180 km sebagai seorang pelari marathon.
Satu hari ketika Ranjan kembali dari gym dan pulang ke rumah, secara mendadak dia mengalami serangan jantung hebat dan meninggal. Anda mungkin mulai bisa merasakan kesamaannya dengan kejadian yang dialami alm. Adjie Massaid ketika beliau pulang dari olahraga bola.
Banyak pertanyaan yang muncul dalam meninggalnya Ranjan Das dan ini terkuak ketika hasil wawancara pada televisi lokal sebelumnya diputar ulang. Ranjan Das pada acara tersebut mengaku bahwa dia tidur hanya 4-5 jam sehari dan dia sangat kekurangan tidur. Seorang kardiolog, atau ahli jantung, menjelaskan mengenai hal ini dari beberapa penelitian yang mengungkapkan fakta-fakta dibalik kurang tidur:
1. Durasi tidur pendek (<5 atau 5-6 jam) meningkatkan resiko Darah Tinggi hingga 350% sampai 500% dibandingkan mereka yang tidur lebih dari 6 jam semalam. Seperti yang anda tahu, darah tinggi bisa membunuh anda. Penelitian ini dipublikasi tahun 2009.
2. Orang muda (25-49 tahun) mempunyai resiko 2 kali lebih besar jika mereka kurang tidur. Penelitian ini dipublikasikan 2006.
3. Mereka yang tidur kurang dari 5 jam semalam mempunyai 3 kali peningkatan resiko serangan jantung. Penelitian ini dipublikasikan tahun 1999.
4. Kurang tidur penuh ataupun parsial akan meningkatkan konsentrasi C-Reactive Protein dalam darah, ini adalah penanda yang kuat akan serangan jantung. Walaupun tidurnya nanti sudah terpenuhi, konsentrasinya akan tetap tinggi! Penelitian ini dipublikasikan tahun 2004.
5. Tidur kurang dari 5 jam akan mengarahkan pada 39% peningkatan serangan jantung dan tidur kurang dari 6 jam semalam akan meningkatkan 18% kemungkinan serangan jantung. Penelitian ini dipublikasikan tahun 2006. Nah jika anda masih ingin tahu lebih jauh mengenai Kurang Tidur, coba lihat artikel ini lebih lanjut. Harap diingat bahwa artikel ini memaparkan kemungkinan penyebab terjadinya serangan jantung dimana semua ini juga memiliki hubungan dengan kelelahan dan stress yang tidak teratasi karena kurangnya istirahat.

Tidak ada komentar: