Minggu, 13 Maret 2011

=>10 Tips Mengontrol Porsi makan Anda

Mengontrol Porsi Makan
Jika anda seorang yang ingin menurunkan berat badan anda tetapi sulit mengendalikan porsi makan dan nafsu makan yang berlebih maka artikel ini cocok untuk anda.
Kita langsung ke tujuan ya?
1.    Beli Timbangan Badan
Pergi beli timbangan badan sekarang juga. Anda bisa menggunakannya untuk mengontrol makanan anda dan mengetahui pencapaian anda hari ini, apakah sudah terlalu banyak makan atau cukup.
2.    Ukur Makanan Anda dengan Telapak Tangan Anda
Untuk kebanyakan jenis makanan, ukuran yang mudah dan selalu anda bawa adalah telapak tangan anda. Itulah ukuran porsi yang pas. Ya tentu saja, jika anda mengukurnya dengan memegang potongan steak sebelum makan jelas bikin kotor. Gunakan saja mata anda dan bandingkan dengan telapak tangan anda.
3.    Putuskan untuk Membawa Pulang Makanan Anda Pulang
Kebanyakan restoran atau depot menyediakan makanan dalam porsi besar (kecuali restoran Perancis biasanya). Karena itu pisahkan separuhnya, minta dibungkus untuk anda makan pada jadwal berikutnya. Untuk membantu anda agar bisa merasa kenyang lebih cepat maka makanlah salad sebelum makanan anda datang.
4.    Bawa Makanan Anda Sendiri
Kapanpun memungkinkan, bawa makanan anda sendiri. Dengan begitu anda bisa menghindari makan diluar yang porsinya besar-besar. Tidak harus menyediakan makanan yang merepotkan. Sandwich yang berisi tuna dan sayur atau apel akan berguna.
5.    Siapkan Makanan di Tempat yang Kecil
Semakin besar ukuran tempat makanan anda akan semakin besar porsi makan anda. Karena itu belilah kotak makan yang kecil. Yah, keuntungannya bukan hanya anda lebih senang karena porsi makan anda lebih ringan, tetapi juga beban ditas anda lebih ringan.
6.    Pilih Makanan versi Anak-anak
Banyak restoran yang sekarang menyediakan paket untuk anak-anak. Selain itu biasanya juga menyediakan paket yang lebih sehat. Pilih itu!
7.    Beli Makanan Siap Saji dalam Porsi Kecil
Di supermarket tersedia banyak jenis makanan siap saji, misalnya yang siap diseduh atau direbus sebentar. Pilih yang tersedia dalam kemasan-kemasan kecil. Untuk mengetahui sehat tidaknya, maka baca tabel nutrisinya. Hati-hati dengan tulisan-tulisan seperti bebas lemak, bebas gula dan sebagainya karena tulisan itu sering menyesatkan.
8.    Hindari Memesan Makanan Lagi
Jika anda masih merasa ingin makan lagi tepat setelah makan, tunggu dulu selama beberapa menit. Biasanya dalam waktu itu perut anda akan berhenti berteriak.
9.    Berbagi dengan Teman Anda
Tentu saja, ini satu cara lagi untuk membagi porsi makan anda. Tentunya bukan dengan membuat teman anda yang makan 1 ½ porsi, tapi dengan berbagi sebelum porsi mulai dimakan.
10.    Minum Air!
Rasa haus bisa saja membuat anda seakan-akan lapar. Minum lebih banyak air terutama saat anda beraktivitas berat seperti fitness.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

ok

Cara Diet Sehat mengatakan...

betul banget gan,,
perlunya beli timbangan,,
agar kita bisa melihat terus adanya perubahan berat badan kita,,
supaya lebih semangat,,
nice info,,
terima kasih,