Minggu, 13 Maret 2011

=>Artikel Spesial: Menurunkan Berat Badan bagi Obesitas

Program Latihan Obesitas
Benar, ini artikel spesial yang kami berikan bagi anda yang obesitas. Artinya, jika anda mempunyai tingkat kegemukan yang cukup tinggi maka ini adalah artikel yang harus anda baca.
Umumnya seorang yang obesitas mempunyai kesulitan untuk bisa menurunkan berat badan dan ini seringkali membuatnya frustasi sehingga menurunkan berat badan menjadi seakan-akan mustahil baginya.
Satu hal penting yang perlu dipahami oleh seorang yang obesitas adalah bagi mereka proses menurunkan berat badan akan terasa lambat (bahkan mungkin ada yang merasa sangat lambat). Pada saat awal latihan akan terasa penurunan berat badan tidak terlalu terasa. Tetapi setelah beberapa bulan, penurunan itu akan mulai menjadi lebih cepat hingga anda mencapai tubuh yang ideal. Dibawah ini adalah gambaran kecepatan penurunan berat badan sebagai gambaran. Kurva Penurunan berat badan
Program Latihan
Program ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu program kardio dan program angkat beban. Lakukan program ini selama 3 bulan dan setiap bulannya tingkatkan intensitasnya.
Program Kardio (pagi hari)
Senin: Berenang 30 menit (gunakan gaya bebas atau gaya katak)
Selasa: Berjalan 15 menit (jika anda lelah, beristirahatlah 1-2 menit)
Rabu: Senam duduk 15 menit (lihat dibawah untuk gerakannya)
Kamis: Berenang 30 menit (gunakan gaya bebas atau gaya katak)
Jumat: Berjalan 15 menit (jika anda lelah, beristirahatlah 1-2 menit)
Sabtu: Senam duduk 15 menit (lihat dibawah untuk gerakannya)
Minggu: Istirahat
Senam duduk dilakukan dengan cara anda duduk dibangku (bukan sofa):
1. angkat kaki anda hingga lurus kedepan dan tahan selama 5 hitungan lalu turunkan kembali. Lakukan sebanyak 15 repetisi
2. angkat kedua tangan anda lurus ke samping dan tahan selama 5 hitungan lalu turunkan kembali. Lakukan sebanyak 15 repetisi
Setelah anda melakukan 15 repetisi angkat kaki dan 15 repetisi angkat tangan beristirahat selama 1-2 menit lalu ulangi lagi hingga 15 menit berlangsung.
Program Angkat Beban (sore hari)
Lakukan program ini 3 kali seminggu, misalnya: Senin, Rabu, Jumat
Bench Press 20 repetisi
Lat Pull Down 20 repetisi
Squat 10 repetisi (tidak perlu memegang barbel pada program ini karena berat badan sendiri sudah cukup berat)
Biceps Curls 20 repetisi
Triceps Pull Down 20 repetisi
Seated Shoulder Press 20 repetisi
Leg Extension 20 repetisi
Leg Curls 20 repetisi
Setelah anda selesai dari Bench Press hingga Leg Curls maka istirahatlah 5 menit lalu ulangi sekali lagi mulai dari Bench Press hingga Leg Curls lagi sehingga anda menyelesaikan 2 siklus.
Mulailah dengan beban yang ringan terlebih dulu dan setiap kali latihan, naikkan beratnya 2-3 kg (kecuali untuk squat tidak perlu memegang barbell ataupun dumbbell).
Lakukan program latihan ini selama 3 bulan dan lihatlah penurunan berat badan anda. Timbanglah berat badan anda 2 minggu sekali, tidak perlu lebih sering dari itu.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Mantap bos. .tq

Bagus Dw mengatakan...

Wah. .bisa dicoba. .tp saya gak obesitas. .haha

meelameelameelo mengatakan...

siiiiiiiiiiiiip