Minggu, 13 Maret 2011

=>Nutrisi Penting untuk Pertumbuhan Tulang Anda

Nutrisi Tinggi BadanJika anda selama ini mengerti bahwa kalsium adalah nutrisi yang diperlukan untuk pembentukan tulang, maka baru 25% yang anda mengerti dari keseluruhan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhannya. 3 nutrisi lainnya juga dibutuhkan karena kalsium hanya berperan sebagai bahan untuk pembentukan tulang, sementara 3 nutrisi ini akan berperan dalam penyerapan dan penentu pertumbuhan.




Vitamin D

Ini satu vitamin yang mungkin sudah anda pelajari di sekolah juga selain kalsium yang dibutuhkan dalam pembentukan tulang. Vitamin D merupakan satu vitamin yang jarang dijual karena mudah diperoleh terutama karena anda tinggal didaerah tropis. Jika anda memperoleh paparan sinar matahari selama 15 menit, dua kali dalam seminggu, maka tubuh anda sudah bisa memproduksi vitamin D yang cukup untuk tubuh anda.
Paparan sinar matahari ini berarti:
• Tidak menggunakan sunscreen
• Tidak ada awan yang menutupi
• Tidak ada kabut atau asap yang menutup daerah sekitar.

Kegunaannya:
• Penting untuk tubuh agar bisa melakukan penyerapan dan metabolisme kalsium agar bisa menjaga dan membangun tulang
• Vitamin D mempunyai peran penting bagi otak agar bisa tetap berfungsi dengan baik hingga tua berdasarkan penelitian pada 3.000 orang Eropa antara usia 40 tahun hingga 79 tahun
• Peneliti dari University of Colorado Denver, School of Medicine menyebutkan bahwa Vitamin D berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap beberapa penyakit seperti flu.
• Bisa membantu mengurangi resiko rematik pada wanita


Magnesium

Jenis mineral yang satu ini jarang dikenal orang dan mungkin hanya dikenal di kelas kimia padahal sebagai salah satu nutrisi bagi tubuh, Magnesium memiliki peranan penting bagi anda walaupun seringkali mineral ini dilupakan orang. Bersama dengan Vitamin D, Magnesium berguna untuk membantu penyerapan kalsium dalam tubuh dan memainkan peranan penting dalam kekuatan dan pembentukan tulang dan gigi. Hal ini juga berarti mereka yang memiliki resiko osteoporosis dapat memperoleh keuntungan dengan mengonsumsi magnesium.
Jika anda masih ragu dengan kegunaan dari magnesium, masih ada beberapa lagi yang berharga untuk anda ketahui:
• Magnesium vital untuk menjaga kesehatan jantung dengan cara membantu stabilisasi ritme jantung dan mencegah pembekuan darah di jantung.
• Menjaga tingkat tekanan darah dalam level yang sehat
• Secara signifikan menurunkan kemungkinan serangan jantung dan stroke serta membantu pemulihan dari serangan jantung dan stroke

Kebanyakan orang tidak memiliki magnesium dalam jumlah yang cukup dalam tubuh, karena itu suplementasi magnesium akan sangat membantu dalam meningkatkan kesehatan anda.
Anda bisa memperoleh Magnesium dalam kacang-kacangan.


Zinc

Mineral ini bisa mencegah kerusakan tulang lebih dari yang lain. Zinc merupakan bagian yang esensial dalam pembentukan jaringan kolagen dimana jaringan ini penting untuk peletakan kalsium fosfat untuk pembentukan tulang. Jadi bisa dikatakan jaringan kolagen ini menyediakan sarana untuk pembentukan tulang. Dengan adanya kolagen yang kuat, maka kekuatan dan kepadatan tulang bisa semakin tinggi. Tanpa itu maka semua kalsium yang anda konsumsi akan percuma dan disinilah peran zinc dalam pembentukan kolagen.
Mineral ini seringkali habis dengan cepat pada orang-orang yang melakukan aktivitas fisik yang tinggi seperti atlet dan fitness mania. Hal ini disebabkan karena zinc seringkali terbawa dalam keringat dan zinc juga banyak digunakan dalam pembentukan hormone testosterone sedangkan hormon ini juga yang berpengaruh pada kekuatan otot dan latihannya.
Secara khusus, anda bisa melihat kegunaan zinc adalah:
• Pembentukan kolagen untuk tulang
• Pembentukan hormon testosteron untuk kekuatan otot dan pertumbuhan
• Menjaga metabolisme yang tinggi melalui testosterone

Jika anda seorang yang ingin membentuk otot dan memperoleh pertumbuhan tubuh juga, maka sebaiknya zinc tidak dilupakan.
Anda bisa memperoleh zinc dalam makanan alami seperti: kerang-kerangan atau tiram.

Jika anda ragu apakah sudah bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anda baik Kalsium, Magnesium dan Zinc, maka sebaiknya menggunakan suplementasi Calcium Plus untuk membantu asupan yang konsisten setiap harinya.
Salam Bugar!



Referensi

Bland, J. 1996, Contemporary Nutrition. J & B Associates.

Davies, S. and A. Stewart., 1997, Nutritional Medicine. Pan.

Fitzherbert, J.C. 2002, Osteoporosis: The Missing Zinc. Wellbeing, Issue 87.

Holden, S., Hudson, K., Tilman, J. & D. Wolf, 2003, The Ultimate Guide to Health from Nature. Asrolog Publication.

Pressman, A. and S. Buff, 2000, The Complete Idiot's Guide to Vitamins and Minerals. (2nd Ed.) Alpha Books.

Soothill, R. 1996, The Choice Guide to Vitamins and Minerals. A Choice Book Publication.

Sullivan, K. 2002, Vitamins and Minerals: A Practical Approach to a Health Diet and Safe Supplementation. Harper Collins.

Tidak ada komentar: