Minggu, 13 Maret 2011

=>Keringat = Membakar Lemak?

Keringat=LemakKetika kita melakukan latihan maka kita berkeringat dan semakin keras latihan maka semakin banyak keringat yang keluar. Sedangkan lemak bisa terbakar jika banyak latihan, semakin banyak latihan maka semakin banyak lemak yang terbakar. Lalu karena itu kita berkesimpulan semakin banyak keringat, berarti semakin banyak lemak yang terbakar. Benarkah itu? Artikel ini akan membahasnya.


Mengapa berkeringat
Anatomi KulitMungkin hal ini pernah anda pelajari dalam kelas biologi di bangku sekolah dulu, tapi kami coba ulas sedikit supaya bisa mengingatkan anda kembali mengenai hal ini dan kemudian akan kami tunjukkan hubungannya dengan latihan fitness.
Keringat dihasilkan oleh kelenjar keringat yang terletak dibawah kulit dimana kelenjar ini dihubungkan dengan saluran hingga ke permukaan kulit. Air dan sodium (garam) serta klorida merupakan komposisi utama dari keringat dimana air tersebut didapatkan dari ruang antar sel disekitarnya. Produksi keringat dari kelenjar ini dipengaruhi oleh beberapa faktor baik secara internal (dalam tubuh) maupun eksternal (luar tubuh). Faktor-faktor internal seperti kondisi emosional dan metabolisme tubuh merupakan penyebab keringat. Sedangkan kondisi luar seperti panas udara yang masuk ke tubuh juga menjadi pemicu keluarnya keringat dalam jumlah banyak.
Metabolisme tubuh yang disebutkan sebelumnya adalah adanya pembakaran energi dalam sel yang menghasilkan zat-zat buangan yang bisa dibuang salah satunya dari keringat. Selain itu metabolisme tubuh juga menyebabkan panas yang perlu dibuang keluar dalam jumlah berlebih.
Apa Hubungannya dengan Lemak
Ya, sejak tadi kita berbicara tentang keringat, seakan tidak ada hubungannya dengan lemak. Untuk bisa mengetahuinya, kita perlu tahu lebih dalam tentang metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh salah satunya terpacu karena gerakan-gerakan otot yang membutuhkan energi. Ketika otot membutuhkan energi, maka sel akan membakar energi baik itu dari cadangan gula darah yang merupakan cadangan makanan anda maupun dari asam lemak yang merupakan pecahan dari lemak tubuh. Pembakaran ini akan menghasilkan zat buangan dan panas yang akan dibuang oleh keringat, bersama juga dengan sodium.
Keringat dan Panas
Setelah kita melihat penjelasan mengenai hubungan keringat dengan lemak, kita juga perlu tahu hubungan keringat dengan panas. Ketika kita memperoleh panas dari luar maka tubuh akan berkeringat. Tujuannya adalah untuk mendinginkan tubuh karena saat keringat menguap, maka panas akan terserap keluar dari tubuh sehingga panas tubuh berkurang. Pada proses ini tidak ada lemak yang terlibat karena keringat keluar hanya untuk mengatasi panas yang timbul.
Dengan mengetahui hubungan antara keringat dengan panas dan lemak, maka anda sebenarnya bisa membuat kesimpulan yang benar mengenai berbagai aktivitas yang kita lakukan dalam olahraga dengan berbagai mitos yang ada.
Aktivitas 1: Angkat Beban atau Fitness
Keringat Angkat BebanJika anda melakukan fitnes, otot anda akan bekerja lebih keras untuk mengangkat beban tersebut. Tentunya usaha angkat beban ini membutuhkan lebih banyak energi dan energi tersebut bisa diambil dari makanan yang baru saja anda makan dan jika tidak ada maka lemak yang tersimpan ditubuh juga akan digunakan. Karena itu angkat beban akan sangat membantu anda untuk membakar lemak yang ada.



Aktivitas 2: Sauna
SaunaSauna (bedakan dengan spa) merupakan tempat dengan ruangan yang diuap dengan suhu cukup tinggi. Dengan melakukan sauna, maka tubuh akan berkeringat deras. Tapi apakah ada kebutuhan untuk energi saat itu? Sangat sedikit, terutama karena anda saat disauna umumnya hanya duduk-duduk saja. Karena itu juga, lemak tidak digunakan tubuh saat itu. Aktivitas ini bukan berarti tidak berguna karena tujuan sebenarnya adalah agar ada relaksasi tubuh dengan sauna.


Aktivitas 3: Lari di Siang Hari
Lari SiangAda kepercayaan bahwa lari disiang hari bahkan dengan tubuh yang ditutup dengan jaket akan membakar lemak lebih banyak karena tentunya saat itu akan membuat anda berkeringat lebih deras dibandingkan lari dipagi yang sejuk. Apakah anda pernah merasakan bahwa lari di pagi hari bisa anda lakukan lebih lama dibanding disiang hari? Apakah itu berarti bahwa lari disiang hari membakar lemak lebih banyak?
Sebenarnya yang terjadi adalah keringat yang sangat banyak yang mengalir keluar bersama dengan garam akan membuat tubuh anda lebih cepat dehidrasi (kekurangan air) hal ini membuat stamina anda lebih cepat menurun walaupun lemak yang dibakar masih sedikit. Karena itu kesimpulan yang bisa kita petik adalah lari di siang hari akan menjadi boomerang untuk kita karena kita membuang waktu dengan pembakaran lemak yang lebih sedikit tapi kelelahan lebih tinggi.
Aktivitas 4: Fitnes didalam ruang ber-AC
Keringat vs ACAnda mungkin pernah mendengar bahwa fitness didalam ruang ber-AC akan percuma karena keringat anda akan sedikit atau bahkan…tidak ada. Padahal yang sebenarnya adalah, keringat anda akan lebih cepat menguap sehingga anda tidak merasa bahwa anda berkeringat. Otot anda akan tetap membutuhkan energi besar dan pembakaran lemak akan tetap berjalan.

Tidak ada komentar: