Minggu, 13 Maret 2011

=>Mengapa Stamina Latihan Rendah

StaminaMungkin anda pernah membandingkan diri anda dengan orang disebelah anda saat di gym dan terheran-heran, mengapa dia bisa berlatih dengan sangat lama dan banyak lebih dari kita? Terkadang semua hal ini tidak kita sadari berasal dari satu hal kecil yang mungkin jika kita melakukan dengan benar maka bisa memiliki stamina sekuat rekan gym kita. Coba simak beberapa penyebabnya.



1 Masih Pemula
Seorang pemula biasanya memiliki stamina yang masih cukup rendah kecuali sudah pernah melakukan aktivitas dengan intensitas tinggi sebelumnya, misalnya olahragawan atletik. Anda bisa mencoba memantau perkembangan stamina anda selama satu bulan karena dalam satu bulan akan terlihat stamina anda meningkat pada umumnya.
2 Kondisi Kurang Sehat
Walaupun hanya berupa sedikit flu, stamina bisa terpengaruh oleh adanya penyakit yang mulai menyebar pada tubuh anda. Tentu saja istirahat merupakan alternatif terbaik untuk memulihkan kesehatan anda sekaligus stamina anda.
3 Kurang Tidur
Tubuh sangat memerlukan istirahat setiap harinya. Kekurangan istirahat bisa menurunkan metabolisme tubuh yang pada rentetannya akan mengenai stamina anda juga. Istirahat cukup 7-8 jam sehari bisa memulihkan kondisi anda. Selain itu istirahat yang cukup setelah berlatih juga akan memperkuat anda karena tubuh dan terutama otot akan dibangun kembali lebih kuat pada saat istirahat.
4 Kekurangan Gula Darah
Sumber energi kita adalah gula darah, karena itu latihan anda bisa menunjukkan performa yang bagus jika mempunyai gula darah yang cukup. Makanan anda adalah sumber gula darah dan karena itu makan sebelum berlatih sangat disarankan. Tentunya berikan jarak 1-2 jam sebelum berlatih agar makanan tersebut tercerna dulu dengan sempurna.
5 Beban Tidak Seimbang
Jika anda merasakan kelelahan pada satu bagian otot sementara bagian otot sebelah satunya belum lelah, maka bisa saja penyebabnya adalah ketidak-seimbangan beban. Jika anda menggunakan dumbbell, tukar antara kanan dan kiri setiap ganti set untuk mengatasinya. Tetapi jika anda menggunakan barbell, maka akan merepotkan jika harus menukar kanan dan kiri. Coba anda rasakan saat melakukan angkatan barbell, jika memang terasa tidak seimbang, ganti keseluruhan beban.
6 Tidak Bernapas
Satu hal yang aneh tapi sering terjadi. Jika repetisi kita tidak bisa banyak walaupun bebannya cukup ringan, ada kemungkinan anda jarang bernapas saat melakukan angkatan beban. Anda perlu selalu mengingat untuk bernapas dengan teratur untuk menjaga stamina angkatan anda.
Salah satu tanda yang mungkin bisa muncul (walaupun tidak selalu) adalah anda merasa berkunang-kunang setelah berlatih.
7 Metabolisme Rendah
Seorang yang memiliki metabolisme rendah akan cenderung lebih rendah staminanya, walaupun pada kenyataannya seorang yang bermetabolisme rendah itu cukup gemuk (dalam arti memiliki banyak cadangan energi dalam bentuk lemak). Stamina rendah bisa diibaratkan seperti cc dari mesin. Jika cc mesin itu kecil maka kemampuan mengatasi tanjakan akan semakin rendah pula.
Hal ini bisa diatasi dengan bantuan suplemen seperti fat burner yang mengandung kafein, atau juga Creatine dan NO (Nitric Oxide).
8 Kekurangan Testosteron
Testosteron sangat penting bagi seorang pria yang ingin melakukan aktivitas tinggi. Karena itu wajar jika seorang pemuda yang memiliki testosterone tinggi bisa melakukan aktivitas lebih banyak daripada seorang tua yang testosteronnya sudah menurun. Tetapi secara harian, bisa saja seorang pemuda kekurangan testosterone dimana hal ini bisa dikarenakan aktivitas seks yang tinggi sehingga testosteron terserap untuk aktivitas ini.
Kekurangan testosteron juga bisa diatasi dengan konsumsi suplemen yang tinggi zinc, magnesium dan vitamin B6 yang lebih dikenal dengan ZMA.

Tidak ada komentar: