Minggu, 13 Maret 2011

=>Kedelai dan Varian Makanan sebagai Sumber Protein

KedelaiIndonesia dianugerahi oleh kekayaan alam yang luar biasa. Berbagai makanan sumber nutrisi tersedia disini, dan salah satunya adalah kedelai yang kaya akan protein dan berbagai nutrisi lainnya. Kandungan nutrisi kedelai
Hampir 40% dari kalori yang terkandung pada kacang kedelai merupakan protein sehingga kacang ini menjadi lebih tinggi dalam kandungan protein disbanding jenis kacang-kacangan lainnya dan banyak sumber protein hewani lainnya. Kualitas protein kedelai sangatlah tinggi dan mendekati kualitas dari daging dan susu. Tetapi berbeda dengan sumber protein lainnya tersebut, kedelai rendah lemak dan bebas kolesterol.
Kacang kedelai mengandung semua 3 makro nutrisi yang dibutuhkan, yaitu: protein yang lengkap, karbohidrat dan lemak, termasuk vitamin, mineral, kalsium, asam folat dan zat besi. Kedelai adalah satu dari sumber protein nabati yang paling lengkap dimana semua asam amino esensial tersedia untuk kesehatan manusia.
Kandungan lain yang terkenal dari kedelai adalah isoflavon yang menguntungkan untuk tulang.
Varian Makanan dari Kedelai
Kami yakin anda sudah bisa menyebutkan dengan cepat berbagai produk dari kedelai. Karena itu mari kita lihat lebih jauh perbandingan nutrisi yang terkandung didalamnya.
 CaloriesProteinCarb Lemak Ukuran
Kacang Kedelai194 1714.19.31/4 cangkir (43 gr)
Tempe16515.814.16.41/2 cangkir (83 gr)
Tahu18319.95.411.01/2 cangkir (126 gr)
Susu Kedelai1007.08.04.01 cangkir (245 gr)
TahuJika anda bandingkan maka bisa terlihat bahwa dalam kacang kedelai alami adalah yang mempunyai protein tertinggi dibandingkan produk-produk variannya. Tetapi yang perlu diingat adalah kacang kedelai dalam bentuk belum masak mempunyai zat-zat yang memblok pencernaan protein sehingga tidak bisa dicerna dengan sempurna. Zat-zat ini tidak bisa hilang walaupun sudah dimasak.
Karena itu penemuan fermentasi kacang kedelai menjadi tahu 2 ribu tahun lalu di kerajaan Tiongkok pada zaman dinasti Han memberikan solusi untuk mencerna kacang kedelai.
Selain itu tempe yang merupakan hasil fermentasi kacang kedelai dengan kapang rhizopus atau biasa dikenal sebagai ragi tempe, yaitu sejenis jamur yang dapat mengurai protein di dalam kacang kedelai menjadi asam amino, sehingga lebih mudah dicerna tubuh.
Perbandingan yang diberikan disini tentunya bukan untuk membuat anda memilih hanya salah satu produk kedelai. Tetapi untuk anda bisa mengerti bahwa nutrisi yang terkandung dalam produk-produk kedelai ini sangatlah tinggi sehingga disarankan anda memvariasikan makanan anda setiap harinya bergantian antara tahu, tempe dan susu kedelai.

Tidak ada komentar: