Jumat, 04 Februari 2011

=>Cara Mengatasi Otot Besar Sebelah

Otot besar sebelahBanyak dari Bugarmania yang sudah memiliki otot yang cukup besar tentunya. Dan itu terbukti dengan banyaknya yang menanyakan mengenai otot yang sudah besar tersebut. Salah satunya adalah ketika otot mereka besar sebelah. Misalnya otot dada (ini yang paling sering ditanyakan) yang lebih besar disisi yang satu dibandingkan lainnya. Jika anda ingin melakukan perbaikan pada otot anda, sebaiknya baca tips-tips dibawah ini karena kesalahan dalam melakukan perbaikan akan membuat akibat yang lain.
Melakukan Latihan Untuk Satu Sisi Saja
Hal termudah yang langsung muncul dipikiran anda tentunya adalah langsung melatih hanya satu sisi otot anda saja. Misalnya melakukan Bench Press hanya untuk otot dada kiri, jika otot dada kiri yang lebih kecil.
Hal ini sebenarnya tidaklah dianjurkan karena ketika anda melakukan latihan satu sisi, maka ada beberapa akibat yang anda alami:
1. Efek Balon (otot yg tdk dilatih mengecil)
Sebagai permisalan, jika anda mempunyai balon yang setengah terisi, jika anda menekan pada satu sisi hingga mengecil maka sisi lain membesar. Begitu juga sebaliknya. Hal ini juga terjadi jika anda melakukan latihan satu sisi. Ketika otot yang lemah atau kecil mulai membesar, sebaliknya otot yang besar satunya akan mengecil jika anda tidak melatihnya dalam jangka waktu lama.

2. Ketidakseimbangan pindah ke otot lain
Kita perlu sadari bahwa melakukan latihan angkat beban bukan bicara tentang satu bagian otot saja. Ketika misalnya, anda melakukan bench press, bukan hanya otot dada yang terlatih dan bekerja. Tetapi otot-otot penunjang lainnya ikut bekerja, terutama untuk bench press adalah triceps dan deltoid. Jika sebenarnya otot-otot penunjang itu sudah seimbang, maka jika anda melakukan latihan satu sisi, maka otot-otot penunjang itu malah akan jadi tidak sama ukurannya karena anda melatih hanya satu sisi.

3. Resiko cedera
Ini yang perlu anda perhatikan lagi. Banyak latihan yang anda lakukan merupakan latihan yang berat dan perlu seimbang antara kiri dan kanan. Jika anda melakukan latihan angkat beban pada satu sisi saja, maka akan ada otot lain yang bekerja keras untuk menunjang keseimbangan dan jika hal ini terlalu berat maka bisa terjadi cedera. Misalnya, jika anda melakukan bench press pada satu sisi, maka otot punggung bawah dan perut anda akan bekerja keras agar badan anda tidak terguling ke samping.

Karena itu Latihan Satu Sisi tidak dianjurkan untuk dilakukan, berikut ini tips memperbaikinya.

Mengganti Barbell ke Dumbbell
DumbbellKebanyakan otot yang tidak seimbang disebabkan karena otot satu lebih kuat membantu otot yang lebih lemah. Dalam kasus ini, jika anda menggunakan barbell, maka kedua otot anda akan bekerja sama karena terhubung dengan satu bar tersebut. Tetapi kerjasama ini akan tidak seimbang jika otot dada kanan anda (misalnya) lebih kuat dari yang kiri sehingga otot yang kiri akan terus terbantu sehingga yang kanan akan menjadi lebih besar sedangkan yang kiri tetap saja.
Solusinya adalah mengganti barbell dengan dumbbell. Anda bisa mengganti latihan Barbell Bench Press anda dengan Dumbbell Bench Press. Tujuannya dengan dumbbell adalah memutuskan kerjasama otot tersebut. Masing-masing otot akan bertanggung jawab menangani satu dumbbell yang beratnya sama. Dengan demikian keduanya mendapat porsi yang sama dan akan bisa seimbang.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Kalo otot sayap yg besar sebelah gmn cara memperbaikinya?

Unknown mengatakan...

Kalo otot sayap yg besar sebelah gmn cara memperbaikinya?

SyakirSaja mengatakan...

Kalau otot peha besar sebelah macam mana?

SyakirSaja mengatakan...

Kalau otot peha besar sebelah macam mana?