Jumat, 04 Februari 2011

=>Kesalahan Pembentukan Tubuh Remaja

Kesalahan Pembentukan Tubuh RemajaApakah anda pernah mendengar istilah “menyia-siakan masa muda” atau “seandaikan saya kembali muda” Jika anda adalah seorang remaja dan mendengar pernyataan itu mungkin anda akan terheran-heran apa maksudnya. Apakah ada kesalahan besar yang dilakukan? Mungkin bukan kesalahan besar, biasanya kita memulai dari kesalahan kecil yang berakibat besar.
OK, saya yakin anda sendiri sebenarnya bisa membuat keputusan sendiri. Tapi nasihat-nasihat seorang yang sudah lebih berpengalaman akan menghemat waktu anda daripada mengalami sendiri kesalahan-kesalahan tersebut.
Disini tentunya bukan petuah-petuah yang akan diberikan. Hanyalah sekelumit tentang pembentukan tubuh dan sekaligus menjaga hidup tetap sehat.
Kesalahan 1: Pola Makan Tidak Terstruktur
Ini mungkin kesalahan nomor 1 yang banyak remaja buat ketika memulai angkat beban atau fitness. Yang menjadi perhatian pertama untuk membentuk tubuh adalah saat membuka majalah fitness dan membaca yang bagian angkat beban dan mengabaikan bagian nutrisi. Kemudian setelah menjalankan beberapa minggu akhirnya menyerah karena tidak melihat adanya perkembangan.
Yang dimaksudkan disini bukan berarti kita harus menghitung dengan kalkulator semua nutrisi makanan kita. Fokus pada makanan yang baik dan sehat, rendah lemak dan variasikan dengan buah dan sayur.
Kesalahan 2: Kurangnya Struktur Latihan
Apakah anda pernah ke gym kemudian ketika ditanya seseorang, apa yang akan anda latih hari ini? Dan kemudian anda berkata, „Entah, mungkin dada“
Seringkali yang terlihat adalah kita sebagai remaja mempunyai semangat yang tinggi untuk berlatih tapi masih belum mengerti apa yang perlu dilatih dan bagaimana. Jika anda berlatih hanya otot yang paling anda sukai (yang paling umum adalah dada dan biceps, benar khan?) maka bisa jadi otot tersebut malah tidak terlihat tumbuh besar. Tanpa adanya perencanaan latihan, maka tubuh kita tidak bisa menjadi besar.
Kesalahan 3: Kurangnya Gerakan Benar
OK, sebenarnya ini bukan terjadi pada remaja saja, tetapi juga pada banyak orang. Satu yang sering menjadi penyebab gerakan kita tidak benar adalah ego yang tinggi. Ketika kita mengangkat beban yang hanya beberapa kilogram, rasanya mungkin malu jika dibandingkan orang lain yang bisa mengangkat puluhan kilo. Dan itu menyebabkan kita mulai mengangkat lebih besar dari kemampuan, dan gerakan kita menjadi tidak karuan, tidak seimbang, dan memanfaatkan banyak ayunan yang seharusnya tidak boleh.
Kesalahan 4: Kurangnya Konsistensi
Untuk membuat progress di gym anda perlu konsisten dengan latihan, nutrisi dan pemulihan/istirahat. Ketika anda mulai konsisten maka anda bisa memperoleh kemajuan. Tetapi seringkali ketika kita berlatih dalam waktu 2 minggu dengan konsisten dan ketika tidak memperoleh yang diharapkan malah mulai kendor.
Konsisten dan perbaiki kesalahan, maka anda bisa membangun tubuh yang anda inginkan.
Kesalahan 5: Kurangnya Tidur
Percaya atau tidak, tidur adalah salah satu komponen terpenting dalam binaraga ataupun dunia fitness. Karena saat itulah pemulihan otot terjadi dan hormon pertumbuhan diproduksi lebih banyak (termasuk testosteron anda). Memang biasanya remaja mempunyai jadwal yang ketat untuk sekolah dan berbagai aktivitas, tetapi percayalah kurangnya tidur akan membuat anda bisa bekerja lebih banyak dengan kualitas rendah dan cukupnya tidur akan membuat anda bisa bekerja tidak terlalu banyak tapi dengan kualitas yang terbaik. Tidur 8 jam sehari untuk pemulihan dan pertumbuhan yang maksimum.
Kesalahan 6: Terlalu Banyak Suplemen
Jangan lalu anda berpikir minum suplemen itu salah. Tidak. Suplemen sangat membantu anda untuk membentuk otot dan melatih tubuh dengan lebih baik. Tetapi jika anda mengonsumsi bermacam-macam suplemen yang ternyata sebetulnya punya fungsi yang sama (misalnya: whey protein dari produk A dan whey protein dari produk B) maka akan berlebihan jadinya.
Kesalahan 7: Liburan Gila-Gilaan
OK, berbuat sesuatu yang berbeda saat liburan bukanlah hal yang buruk. Tetapi jika kita ber-dugem 2 malam setiap minggunya hingga pagi jelas itu akan mengacaukan pola kerja tubuh anda. Dan jangan heran jika anda sudah berlatih berbulan-bulan tapi hanya sedikit kemajuannya.
Kesalahan 8: Tidak Berlatih Kaki
Sekali lagi, ini bukan hanya kebiasaan remaja, tetapi semua pria kebanyakan tidak terlalu memperhatikan kaki. Tentu saja, karena jika kita ingin memamerkan otot tentunya dengan membuka baju, bukan buka celana (hahaha, maaf bergurau sedikit).
Tapi yang perlu kita tahu adalah, otot kaki adalah satu otot terbesar ditubuh kita. Melatih otot ini akan membuat produksi hormon pertumbuhan (Growth Hormone/GH), IGF-1, dan Testosteron menjadi lebih besar. Dan tentunya hormon ini akan berguna bagi seluruh otot, bukan hanya otot kaki.
Kesalahan 9: Tidak Menggunakan Latihan Beban Bebas Compound
Yang ini sebenarnya lumrah. Karena latihan beban dengan alat-alat yang canggih akan lebih menjamin keamanan (dan juga lebih mudah) kita dibandingkan dengan dumbbell atau barbell. Tetapi latihan yang membuat otot kita bertumbuh dengan maksimal sebenarnya adalah jenis latihan bebas yang jenis compound.
Jenis-jenis latihan ini adalah:
Kaki: Squat dan Deadlift
Punggung: Deadlift, Barbell Rows, Pull ups
Dada: Bench Press (bisa yang Flat/datar atau Incline)
Bahu: Military Press
Biceps: Barbell Curls
Ketika kita melatih jenis compound, maka berbagai bagian otot kita akan terlatih. Sebagai contoh mudah, ketika kita berlatih Bench Press, maka otot utama yang terlatih adalah dada, tapi sebenarnya otot triceps dan deltoid/bahu juga bekerja walau dalam porsi yang lebih sedikit.
Kesalahan 10: Terlalu Banyak Distraksi di Gym
Maksudnya distraksi adalah pemecah konsentrasi. Ingat, jika kita ke gym, tujuannya adalah untuk berlatih. Tetapi banyak memang pemecah konsentrasi kita, contoh mudahnya adalah obrolan dengan teman. Tanpa sadar, latihan kita yang seharusnya istirahat antar set hanya 60 detik molor menjadi 15 menit karena asyiknya ngobrol dengan teman. Atau juga sms dan telepon yang bisa mengganggu kita. Jika perlu matikan sementara telepon anda dan konsentrasi berlatih. Anda akan terkejut jika latihan yang selama ini anda lakukan selama 2 jam bisa dikompres menjadi 1 jam atau bahkan 45 menit.
Kesalahan 11: OverTraining/Undertraining
Saya percaya seorang remaja memiliki energi yang sangat besar. Bahkan saat berlatih, mungkin bisa terasa tidak pernah lelah. Tetapi jika anda melatih otot yang sama berjam-jam anda akan berakhir dengan overtraining.
Sekarang kebalikannya, undertraining. Jika anda berlatih biasa dan saat keluar dari gym tidak ada rasa lelah sama sekali karena takut overtraining. Maka yang terjadi malah undertraining. Otot anda tidak terlatih dan karena tidak ada tantangan maka tidak tumbuh besar.
Jadi atur diri anda agar tidak terlalu lebih atau terlalu kurang.
Kesalahan 12: Tidak Cukup Waktu Antar Latihan
Selain overtraining karena terlalu banyak berlatih pada satu bagian otot saja. Overtraining juga bisa terjadi jika anda tidak memberikan jeda antar hari latihan. Bayangkan jika anda berlatih 4 hari berturut-turut dan bandingkan dengan yang berlatih 4 hari tiap minggu tapi dengan jeda 1 hari antar latihan. Efektivitasnya akan lebih tinggi pada yang memiliki jeda 1 hari latihan.
Kesalahan 13: Kurangnya Kardio
Ini memang diletakkan terakhir karena bukan jenis kesalahan yang sering terjadi, tetapi penting untuk diketahui. Kardio sangat penting untuk membantu melatih stamina kita. Tingginya stamina bisa membuat kita mampu berlatih lebih lama dan lebih keras. Jadi bisa dikatakan sebenarnya kardio bukan sekedar mengenai pembakaran lemak. Tetapi juga melatih jantung sehingga lebih kuat dan latihan angkat beban juga lebih kuat.

Tidak ada komentar: