Jumat, 04 Februari 2011

=>Cara Menggunakan Treadmill

TreadmillArtikel-artikel akhir-akhir ini bisa dibilang cukup berat karena kami menampilkan beberapa program untuk level advance, bahkan yang akan melakukan kontes. Karena itu artikel kali ini kami berikan artikel yang ringan untuk dibaca, tapi bukan berarti tidak penting loh! Disini akan dibahas penggunaan treadmill untuk latihan kardio anda, mencapai tubuh yang bersih dari lemak dan membuat anda bisa terus menikmati kegiatan ini.
Membeli Treadmill
Ini tips-tips untuk membeli treadmill yang pasti berguna untuk anda:
1. Cari treadmill yang nyaman bagi anda. Tidak semua orang bisa menikmati treadmill, atau mendapatkan hasil yang diinginkan. Jadi jangan beli jika anda tidak yakin membelinya karena bisa dibilang ini investasi yang cukup besar (tapi juga bisa memberikan hasil yang besar jika digunakan dengan benar).
2. Tuliskan tujuan anda membeli treadmill. Apakah anda ingin membakar lemak, menguatkan jantung, otot, dan paru-paru atau keduanya?
3. Baca instruksi pada mesin tersebut dan ikuti sebelum memulainya. Anda dapat memilih satu latihan yang sudah terprogram didalamnya atau memodifikasi sesuai keinginan anda. Capai Tujuan Anda
1. Buat batas waktu yang menantang tapi tetap realistis dan tetap konsisten dengan itu.
2. Untuk membakar lemak, sebaiknya anda jogging pada treadmill dengan kemiringan yang sedikit atau tetap rata saja. Jika anda kehabisan nafas, berarti anda bekerja terlalu keras. Untuk meningkatkan kekuatan jantung dan aliran dara serta meningkatkan stamina, berlarilah tanpa kemiringan dan gunakan kecepatan tinggi.
3. Untuk membakar lebih banyak kalori dan mendapatkan variasi dari rutin anda, ganti setting kemiringannya setiap 2 menit naik 3%. Sebagai contoh: pada permulaan, tingkat kemiringannya 0 derajat, kemudian menit kedua menjadi 3 derajat, menit keempat 6 derajat dst. Teruskan hingga anda mencapai 12-15 derajat kemiringan dan biarkan hingga anda merasa cukup dan kemudian turunkan bertahap 3% seperti saat naik tadi. Voila! Anda sudah melewati satu bukit :)
Cara Yang Menyenangkan
1. Coba variasikan program latihan anda (treadmill bisa sangat membosankan). Ada banyak variasi dari kecepatan, tingkat kemiringan, maupun simulasi track gunung (sehingga anda bisa merasakan seperti jalan naik turun gunung atau bukit).
2. Dengarkan musik favorit anda atau bahkan set DVD kesukaan anda selama anda berada di treadmill.
3. Jangan letakkan treadmill anda dibagian “gelap” ruang tidur yang anda mungkin paling tidak suka masuk. Letakkan pada tempat yang nyaman dan menyenangkan sehingga anda tidak hanya terasa melakukan treadmill tetapi juga menikmati suasananya.
4. Jangan lakukan setiap hari. Anda pasti akan kehilangan minat dan tidak menyenangkan lagi untuk berlatih. Lakukan saja 3 kali seminggu atau setiap 2 hari sekali.

Tidak ada komentar: