Jumat, 04 Februari 2011

=>Istilah Asing Dalam Fitness

Saya Pemula FitnessSelamat datang di dunia Fitness! Ketika pertama datang, mungkin anda jadi kebingungan mendengar istilah dalam fitness. Tapi dunia fitness ini bukan hutan, jadi saya tidak akan berkata “Welcome to the jungle”. Karena anda bisa menemukan referensi yang bagus disini untuk mulai mengerti tentang dunia fitness yang sudah maju dan ditunjang dengan ilmu pengetahuan yang spesifik.
Kita mulai saja dengan istilah yang pasti akan banyak anda dengar.

Reps
Atau biasa juga disebut repetisi. Ini sebenarnya sama dengan jika anda saat senam dengan gerakan yang sama dihitung satu, dua, tiga…sampai delapan. Yah berarti jika anda melakukan gerakan yang sama tanpa henti hingga delapan kali, maka kita mengatakan anda melakukan 8 repetisi. Cukup mudah dipahami khan?
Set
Nah, ini adalah sambungan dari repetisi. Jika anda melakukan gerakan yang sama tanpa henti sejumlah beberapa repetisi hingga anda stop maka anda melakukan 1 set. Karena itu jika anda melakukan gerakan yang sama dan terdapat stop beberapa saat (biasanya yang disarankan adalah satu atau dua menit) selama 4 kali, maka anda sudah melakukan 4 set.
Abs
Ini adalah kelompok otot yang paling digemari untuk dilatih oleh para bugarmania. Abs adalah otot perut yang jika sudah terbentuk, maka kita bisa mengatakan sebagai six pack abs.
Dumbbell vs Barbell
Alat fitness yang paling banyak digunakan oleh para bugarmania mulai dari pemula hingga yang mahir bahkan menyarankan untuk menggunakan dumbbell dan barbell. Lalu apa bedanya (persamaannya tentu adalah kata akhirnya bertulisan “bell”)?
Barbell adalah alat fitness manual yang berupa batang panjang dan dikedua ujungnya diletakkan beban/pemberat. Panjangnya cukup untuk dipegang dua tangan kita.
Sedangkan dumbbell sama dengan barbell, tetapi berbeda dalam ukuran panjangnya. Dumbbell lebih pendek dan hanya untuk dipegang dengan satu tangan saja.

Tidak ada komentar: