Jumat, 04 Februari 2011

=>Apa itu Fitness ???

Mayoritas orang kalau mendengarkan kata “FITNESS” lalu mengasosiasikannya pada aktivitas angkat besi layaknya atlit angkat besi yang mempunyai otot kuat dan berbadan besar padat tegap bersegi empat. Padahal sebenarnya arti kata “FITNESS” adalah “KEBUGARAN”. Fitness juga bisa diartikan “Lebih dari sekedar Sehat”.

Gaya hidup Fitness adalah gaya hidup yang membuat orang menjadi bugar. Dimana ada 3 komponen utama yang perlu dijalani secara teratur, seimbang, dan konsisten. Yaitu 1. Olah raga. 2. Nutrisi. 3. Istirahat.

Jadi pada dasarnya, orang yang bermain Bulu Tangkis, Berenang, ataupun  Tenis Meja untuk mencari sehat, hakikatnya secara tidak sadar sedang menjalankan gaya hidup Fitness. Demikian pula mereka yang menghindari gorengan, memutuskan untuk berhenti merokok, dan mencoba menjalankan diet.

Latihan (Angkat beban dan Aerobik) hanyalah salah satu dari gaya hidup fitness, yang secara kebetulan kalau kita menjalankannya secara teratur dan konsisten akan menawarkan banyak manfaat bagi kesehatan, antara lain: Mencegah Tulang Keropos, Memperlambat Proses Penuaan, Meningkatkan Hormon dan Libido, Meningkatkan kekebalan tubuh dari penyakit, Mencegah Penyakit seperti Diabetes, Stroke,dan jantung. Dan Memperlancar peredaran darah, nutrisi serta oksigen ke seluruh tubuh.

Yang perlu dipahami Fitness itu adalah salah satu gaya hidup sehat Tapi tidak harus Binaraga. Tidak semua orang harus berorientasi pada Binaraga untuk menempuh gaya hidup fitness. Dengan bahasa sederhananya Orang Fitness tidak harus Binaraga, Orang Binaraga maka harus Fitness. Gitue loeh!.

Kesehatan Memang tidak abadi, Tetapi nikmat untuk dimiliki

Apabila kita diberi pilihan, mana yang kita pilih dari keempat pernyataan ini. Usia Pendek Hidup Sehat. Atau Usia Pendek Hidup Tidak Sehat. Atau Usia Panjang Hidup Sehat atau Usia Panjang Hidup tidak Sehat. Mana yang anda pilih?

Kesehatan itu sebenarnya mudah untuk dijaga, dirawat, dan diraih. Selama kita mengetahui dan Menerapkan pengetahuan yang tepat. Hanya ada dua Prinsip Usaha yang berhubungan dengan kesehatan. Pertama: Usaha-usaha yang membuat kesehatan kita makin berkurang dan kedua usaha-usaha yang membuat kesehatan kita makin membaik. Jadi prinsip usaha manakah yang sedang kita tempuh saat ini?

Konklusi

Kesehatan adalah harta yang mahal harganya. Orang sehat karena terpelihara dengan olahraga. Kesehatan itu ibarat kekayaan, ia adalah sesuatu yang harus kita raih, cari,dan bayar harganya. Jadi kesehatan itu bukan sesuatu yang langsung kita miliki begitu saja.

Kondisi tidak sakit, kesehatan yang prima pada saat ini, itu seperti modal awal bagi kita. Apakah kita akan “menghabiskan” modal tersebut, atau mengupayakan untuk terus “Menambah” modal tersebut, jawabannya ada pada diri kita masing-masing.

Contohnya, orang yang memiliki kebiasaan merokok belasan tahun MERASA bahwa dirinya cukup sehat. Sehingga tidak merasakan adanya kebutuhan untuk berhenti dari kebiasaan yang merugikan tersebut. Tetapi ia menyadari bahwa sedang “menghabiskan” modal awal yang diberikan Tuhan padanya. Namun sebaliknya ada yang menjaga kesehatannya dengan olahraga, makan dan istirahat yang teratur, serta menghindari makanan, minuman, dan kebiasaan yang merugikan kesehatan.  Dia sebenarnya adalah orang yang sedang “memperkaya” diri.

Tidak ada komentar: