Jumat, 04 Februari 2011

=>Apakah ada yang Salah dengan Latihan Saya ???

Apa yang salah dengan cara sayaJika anda saat ini melakukan fitness dengan berlatih keras dan anda berharap bisa memiliki otot lebih besar. Tapi kenyataannya, otot anda belum berkembang sampai sekarang. Atau mungkin juga anda sudah minum banyak suplemen, tapi tidak ada perkembangan yang berarti. Kelihatannya kita perlu melihat lebih dalam akan kasus-kasus ini.
Kasus Andi (nama samaran)
Saya sudah berlatih fitness keras. Bahkan hampir setiap hari saya berlatih, kecuali kalau ada kesibukan lain. Selain itu saya juga menuruti untuk berlatih 1,5 jam untuk sekali latihan. Tetapi otot-otot saya tidak terbentuk. Memang ada terlihat sedikit lebih keras tapi tidak sesuai harapan saya. Kenapa ini bisa terjadi?
Jawaban:
Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, dan sebaiknya kita melakukan pengecekan terhadap tiap kemungkinan ini. Bisa saja kita mengalami hanya satu kemungkinan, tapi bsia juga beberapa kemungkinan itu yang menjadi penyebab kita tidak bisa membentuk otot.
Kemungkinan 1:
Sederhana. Sudah berapa lama Andi berlatih? Ya, memang berlatih setiap hari. Tetapi jika anda masih baru berlatih selama 1 bulan, memang belum tentu anda sudah bisa melihat hasilnya.
Kemungkinan 2:
Apakah Andi meningkatkan konsumsi makanannya? Atau tetap sama seperti sebelum berlatih? Karena ketika kita berlatih, maka ada asupan karbohidrat dan protein yang perlu ditambahkan. Yang perlu diperhatikan adalah sebaiknya makanan tersebut bukan hanya full nasi, tapi perlu diimbangi dengan protein seperti daging dan telur atau sumber protein lainnya. Jika anda berlatih lebih keras tapi tidak tercukupi makanannya maka yang terjadi bisa sebaliknya, pengecilan otot.
Kemungkinan 3:
Latihan apakah yang dilakukan? Jika Andi hanya berlatih untuk otot dada terus (seperti yang dilakukan oleh kebanyakan pemula) maka bukan hanya otot lainnya tidak tumbuh, tapi otot dadanya juga tidak mempunyai kesempatan untuk tumbuh karena terlalu lelah dan tidak punya kesempatan untuk pemulihan.
Kemungkinan 4:
Ini mungkin jarang terjadi, tapi juga bisa saja menjadi kasus bagi beberapa orang. Seberapa lama istirahat Andi? Jika tidur malam selama ini hanya 3-4 jam sehari maka tubuh tidak mempunyai kesempatan untuk pemulihan. Otot menjadi besar bukan di gym, tetapi diatas tempat tidur (tentunya sambil tidur, bukan yang lainnya Smile ). Kasus Budi (nama samaran juga)
Selama ini saya sudah minum Weight Gainer dengan rutin. Bahkan saya menjalaninya selama berbulan-bulan. Tapi tidak ada perkembangan. Wah suplemen ini pasti hanya bohong-bohongan.
Jawaban:
Nah kita perlu cermat dalam kasus Budi. Karena sebenarnya kasus ini kadang terjadi tapi pada beberapa orang saja.
Kemungkinan 1:
Budi tidak melengkapi minuman Weight Gainer ini dengan latihan. Sederhana bukan? Memang seringkali kita berharap yang termudah untuk bisa membentuk tubuh kita dan kemudian merasa bahwa berlatih itu membuat capek dan tidak menyenangkan.
Jadikan latihan fitness sebagai bagian dari rutinitas anda dan rasakan manfaatnya. Latihan ini hanya membutuhkan waktu 1 jam sehari dan itupun tidak perlu setiap hari.
Kemungkinan 2:
Budi mungkin sudah melakukan latihan dengan benar dan tepat. Tapi yang perlu dicermati lagi, apakah kita mengonsumsi suplemen tersebut sesuai anjuran atau menguranginya?
Seringkali kita mengikuti kebiasaan pengiritan seperti saat minum obat. Ketika diberi oleh dokter 1 resep, mungkin kita membelinya hanya ½ resep (kebiasaan ini ternyata dibahas di salah satu surat kabar nasional). Tentunya cara itu tidak bisa menyembuhkan penyakit.
Begitu juga saat kita minum suplemen. Gunakan sesuai anjuran, maka anda bisa memperoleh manfaat terbaik. Kurangi terhadap anjuran, maka manfaat tersebut akan berkurang atau malah tidak kelihatan.

Tidak ada komentar: