Rabu, 28 Desember 2011

=>4 Langkah Mudah Bentuk Otot

Sebagai seorang pemula, akan jadi pertanyaan how to start atau bagaimana kita memulainya? Bukan tidak mungkin anda melakukan hal yang salah dimana otot yang ingin anda bentuk malah dirusak. Tentu saja hal tersebut akan menjadi bumerang jika anda tidak mengetahui cara yang benar. Tidaklah sulit untuk memulainya, tetapi anda perlu mengetahui hal ini. Kami akan membantu anda mengerti.

Angkat Beban
Otot anda berguna untuk mengangkat suatu beban. Jika otot anda tidak pernah digunakan untuk mengangkat beban berat maka sistem tubuh anda akan secara otomatis menganggap tidak perlu untuk memiliki otot yang lebih besar.
Apakah sekarang ini anda sudah berlatih? Apakah latihan yang anda lakukan? Bisa jadi saat ini anda sudah melakukan latihan seperti lari pagi, jogging, atau bulutangkis dan kemudian anda berharap otot dada anda akan terbentuk, lengan anda menjadi lebih besar dan bahu anda menjadi lebih bidang. Lari pagi ataupun jogging sama sekali tidak melibatkan otot tubuh bagian atas, kalaupun ada hanya sedikit sekali. Jika anda ingin membentuk otot dada, maka lakukan latihan yang membebani otot dada anda seperti Bench Press atau Dumbbell Flyes.
Otot tubuh anda adalah rangkaian sistem otot yang kompleks dan terhubung satu sama lain, karena itu ketika anda ingin membentuk otot dada maka jangan hanya melakukan latihan untuk otot dada saja karena punggung dan bahu serta lengan anda terhubung dengan otot dada anda. Latihan yang benar adalah latihan yang dilakukan secara menyeluruh sehingga keseluruhan tubuh secara proporsional bisa terbentuk.
Website AkuBugar.com menyediakan Program Latihan yang sudah disusun untuk pembentukan otot anda. Karena itu coba masuk ke dalam link ini dan pilih salah satunya untuk memulai pembentukan otot anda.

Sediakan Waktu 20-30 Menit
Anda sudah mengetahui bahwa latihan angkat beban adalah syarat pembentukan otot anda dan sekarang mungkin anda berpikir...ah saya tidak ada waktu! Tentu saja semua hal perlu disempatkan. Latihan angkat beban umumnya tidak membutuhkan waktu lama, jika ada yang mengatakan bisa menghabiskan waktu 2 jam di gym atau fitness center, bisa saja separuh waktunya dihabiskan untuk ngobrol dengan teman sekitarnya.
Jika anda mau menyempatkan waktu, pada umumnya Program Latihan yang ada bisa dilakukan hanya dalam tempo 20-30 menit saja. Tidak lebih!
Kemudian jika mulai dengan perhitungan detil, waktu untuk ke gym berapa menit, waktu untuk persiapan berapa menit, waktu untuk pulang berapa menit, waktu untuk menunggu giliran alat dengan rekan lain yang menggunakan alat berapa menit. Tentu saja hal ini bisa menjadi lebih dari 1 jam. Apakah hal ini mulai membuat anda merasa waktu yang dibutuhkan akan sangat banyak? Sekali lagi tidak. Anda bisa mendapatkan bersih 20-30 menit. Gunakan alat sederhana yang bisa anda miliki sendiri dirumah atau diletakkan dikantor atau bahkan dibawa kemanapun seperti dumbbell atau exercise band. Dumbbell memang akan terbatas beratnya karena semakin besar dumbbell maka akan semakin sulit dibawa. Selain itu jika berat dumbbell ingin dinaikkan maka itu berarti anda perlu membeli dumbbell lebih banyak lagi. Karena itu anda bisa menggunakan exercise band yang lebih mudah dibawa dan variasi beratnya sudah sangat banyak.
Jadi apakah waktu masih menjadi alasan kita? Tidak!

Perbanyak Protein
Ketika latihan sudah mulai dilakukan, maka makanan anda perlu juga diseimbangkan karena pembentukan otot tidak hanya dengan latihan tetapi juga makanan anda. Bagi anda yang kurus mungkin akan berkata, saya sudah mencoba makan banyak tapi tidak ada perubahan. Well, mungkin anda perlu mulai melihat apa yang dimakan, karena kebanyakan orang ketika ditanya apa yang dimakan...jawabannya hampir sama semua...nasi! Tentu saja jika hanya nasi yang anda perbanyak otot anda tidak bisa berkembang. Perlu protein tinggi untuk membantu pembentukan otot anda. Protein tersebut bisa anda dapatkan dari daging-dagingan, kacang-kacangan, atau produk dari kedelai seperti tempe dan tahu atau susu kedelai, juga susu sapi memiliki protein yang cukup banyak.
Ada banyak pertanyaan juga mengenai sumber protein mana yang terbaik dimana jawabannya adalah banyak sumber protein yang bagus seperti putih telur dan whey tetapi tentunya sumber protein tetap perlu divariasikan dalam anda konsumsi makanan. Beberapa sumber protein memiliki tambahan nutrisi lain seperti lemak yang tentunya tidak diharapkan terlalu banyak. Sebagai contoh, susu sapi memiliki kandungan lemak yang cukup banyak sehingga jika anda saat ini over weight maka sebaiknya tidak mengonsumsi terlalu banyak. Selain itu daging sapi memiliki kandungan lemak yang tinggi juga.

Tidur 7 Jam
Apa hubungannya tidur dengan otot? Cukup tidur merupakan satu syarat untuk pembentukan otot karena otot terbentuk bukan saat anda berlatih, melainkan saat anda tidur. Ketika anda tidur, tubuh akan mulai memperbaiki otot yang rusak dan membangun otot yang baru hingga menjadi lebih tebal dari waktu ke waktu. Ketika anda kurang tidur, metabolisme akan menurun dan mengakibatkan penumpukan lemak sementara otot berkurang. Dengan demikian, seorang yang gemuk menjadi lebih gemuk sementara yang kurus menjadi lebih kurus dengan tumpukan lemak yang biasanya diperut sehingga seperti orang kurus yang buncit.

Satu yang perlu diingat dalam pembentukan otot adalah kedisiplinan dan ketekunan. Bukan satu dua minggu usaha untuk membentuk otot, tetapi dalam beberapa bulan anda dapat memiliki bentuk tubuh ideal yang diinginkan dengan dua syarat tersebut.

Tidak ada komentar: