Rabu, 28 Desember 2011

=>10 Kesalahan Angkat Beban

Kesalahan Angkat BebanJika anda sudah melakukan fitness dan merasa belum yakin pada gerakan anda, coba cek tips dibawah ini. Kami tampilkan 5 kesalahan yang sering terjadi dan dilakukan pada saat melakukan angkat beban.

Push Up
Kesalahan 1: Posisi tubuh melengkung
Luruskan tubuh anda agar gerakan push up lebih efektif mengenai otot dada anda. Jika anda belum yakin dapat melakukan dengan benar, maka lakukan push up lebih perlahan agar mudah mengontrol posisi tubuh anda.
Kesalahan 2: Kurang rendah
Turunkan tubuh anda serendah mungkin hingga hampir menyentuh lantai. Dengan demikian otot dada anda akan dapat terlatih lebih baik. Jika posisi tubuh anda terus diatas dan hanya turun sedikit maka otot dada anda tidak terlatih.
Kesalahan 3: Jarak antar telapak tangan sempit
Semakin sempit jarak antar lengan anda maka otot triceps yang akan lebih terlatih dibandingkan otot dada anda. Perlebar hingga lebih lebar sedikit dibandingkan lebar bahu anda.

Sit Up
Kesalahan 1: Menganggukkan kepala
Sit up adalah untuk melatih otot perut, bukan leher. Karena itu tahan kepala anda dengan menempelkan dagu pada dada agar setelah sit up bukan leher anda yang malah sakit.
Kesalahan 2: Tangan dibelakang kepala
Sebenarnya hal ini tidak masalah jika tangan anda tetap dibelakang kepala dan tidak melakukan apa-apa. Tetapi seringkali tangan dibelakang kepala membuat anda ingin membantu mendorong tubuh ke depan dengan cara tangan anda mendorong kepala ke depan. Hal ini tidak benar karena sekali lagi, otot perut anda yang seharusnya dilatih dan gerakan mendorong kepala dapat menyebabkan cedera otot leher.

Dumbbell/Barbell Bentover Row
Kesalahan: Membungkuk
Luruskan badan anda saat condong ke depan agar otot punggung dapat terlatih dengan benar. Membungkukkan tubuh juga beresiko menyebabkan cedera.

Captain Chair
Kesalahan: Menekuk pinggul
Otot perut anda yang seharusnya ditekuk saat mengangkat kaki di Captain Chair. Sedangkan kesalahan yang sering terjadi adalah bagian pinggul bawah yang ditekuk sehingga seringkali yang terasa lelah lebih dulu malah pada bagian pangkal paha.

Bench Press
Kesalahan 1: Jarak antar telapak sempit
Sama seperti push up, Bench Press dengan jarak antar telapak sempit berarti akan mengenai otot triceps anda dibandingkan otot dada. Karena itu perlebar hingga sedikit lebih lebar dari bahu.
Kesalahan 2: Barbell kurang turun
Jika anda menggunakan barbell, turunkan hingga hampir menempel pada dada anda. Jika anda menurunkannya terlalu tinggi maka otot dada tidak dapat terlatih dengan baik.
Kesalahan 3: Membentur dada
Ini adalah kebalikan dari kesalahan 2 dimana barbell dibenturkan ke dada, entah dengan keras atau perlahan tetap sangat tidak disarankan. Anda dapat menggunakan handuk yang dilipat dan diletakkan diatas dada sebagai pembatas untuk menghindari benturan.

Tidak ada komentar: